PROFIL KOTA BATU - E. Gambaran Potensi dan Permasalahan Wilayah

a.       Potensi
Wilayah Kota Batu secara geografis berada di daerah pegunungan dengan kondisi alam yang sejuk. Berdasarkan kondisi tersebut, maka potensi utama wilayah Kota Batu yaitu pada sektor kehutanan, pertanian dan pariwisata. Maka dari itu, keindahan alam dari Kota Batu sudah tidak dapat diragukan lagi. Sejauh ini sudah banyak obyek-obyek wisata yang memanfaatkan kondisi alam di Kota Batu ini seperti Wisata Olahraga Paralayang, pemandian air panas Cangar, Cuban Rais, Selecta, Songgoriti, dan lain-lain. Sehingga masih banyak lagi obyek wisata alam yang dapat dikembangkan di Kota Batu ini.
Selain itu, Kota Batu juga memiliki potensi agropolitan yang berupa hasil pertanian dan perkebunan. Hasil perkebunan yang menjadi ciri khas dari kota ini adalah buah apel. Buah apel yang sudah panen dapat diolah lebih lanjut untuk menghasilkan produk-produk baru seperti keripik apel, sari buah apel, dan lain-lain. Dengan begitu, para wisatawan yang berkunjung ke kota ini dapat membeli oleh-oleh khas Kota Batu selain apel. Sedangkan untuk hasil pertaniannya, produksi yang diunggulkan adalah kedelai Jepang Edamamae yang telah diekspor ke berbagai wilayah. 
Dengan banyaknya obyek wisata yang ada di Kota Batu menyebabkan kota ini selalu menjadi salah satu tujuan untuk menghabiskan waktu libur, sehingga Kota Batu dijuluki sebagai the real tourism city of Indonesia oleh Bappenas. Hal ini dapat menjadi potensi perdagangan dan jasa pula, yaitu seperti membuka tempat makan / restoran, toko oleh – oleh, penginapan, dan lain – lain. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Kota Batu ini dapat melesat tinggi.

b.      Masalah
1.       Dikarenakan wilayah Kota Batu merupakan kawasan pegunungan dan perbukitan, maka sebagian besar wilayahnya rawan bencana, khususnya bahaya tanah longsong dan banjir bandang pada DAS Brantas Hulu.

2.       Pembangunan infrastruktur yang belum merata, pembangunan masih terkonsentrasi di kawasan kota saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL KOTA BATU - A. Peta Delinasi dan Gambaran Wilayah

PROFIL KOTA BATU - B. Gambaran Konstelasi Wilayah

PROFIL KOTA BATU - D. Rona Kondisi Eksisting Yang Ada