PROFIL KOTA BATU - C. Fungsi Utama dan Pendukung Yang Diarahkan

Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Batu Tahun 2010 – 2030, visi penataan ruang Kota Batu adalah menjadikan Kota Batu sebagai Kota Wisata dan Agropolitan di Jawa Timur. Penataan ruang Kota Batu bertujuan untuk mewujudkan ruang Kota Batu yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan sebagai kota yang berbasis agropolitan dan kota pariwisata unggulan di Jawa Timur serta Kota Batu sebagai wilayah penopang hulu Sungai Brantas. Sehingga kebijakan dan strategi pengembangan struktur ruang yang dimaksud meliputi :
a.  Perwujudan pusat kegiatan yang memperkuat kegiatan agribisnis, pariwisata dan kegiatan kota lainnya secara optimal.
b.     Peningkatan aksesibilitas dan transportasi yang dapat mengarahkan peningkatan fungsi dan keterkaitan antar pusat kegiatan dan sistem transportasi kota yang optimal.
c.  Peningkatan kualitas dan jangkauan pelayanan sarana dan prasarana yang dapat mendorong perkembangan kegiatan dan perbaikan lingkungan permukiman kota.

Strategi perwujudan pusat kegiatan yang memperkuat kegiatan agribisnis, pariwisata dan kegiatan kota lainnya secara optimal meliputi:
1.      Membagi wilayah kota menjadi tiga bagian wilayah kota, masing-masing dilayani oleh pusat-pusat pelayanan dan menetapkan peran, fungsi dan struktur kegiatan utama secara spesifik.
2.   Membentuk pusat kegiatan kawasan agropolitan, pusat kegiatan kawasan pariwisata, pusat perdagangan kota, dan pusat kegiatan pelayanan umum secara berhirarki.
3.   Menyediakan ruang untuk perdagangan di kawasan agropolitan dengan cara mengarahkan secara spesifik pusat perdagangan hasil budidaya tanaman pertanian dan holtkultura.
4.   Mengembangkan kegiatan perdagangan dan jasa yang mendukung kegiatan pariwisata dan mudah dijangkau.
5.     Mengembangkan kegiatan perkantoran yang mudah terjangkau dan nyaman.


Fungsi pendukung Kota Batu yaitu terdapat pada pembagian fungsi BWK Kota Batu sendiri yang diarahkan sesuai fungsinya masing-masing (pada bagian konstelasi wilayah, bab sebelumnya). Sehingga setiap Bagian Wilayah Kota mempunyai fungsi dan perannya masing – masing yang digunakan untuk mendorong wilayah lain melalui pengembangan pariwisata, agropolitan, infrastruktur, ekonomi unggulan, penyebaran industri dan peningkatan sumber daya manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL KOTA BATU - A. Peta Delinasi dan Gambaran Wilayah

PROFIL KOTA BATU - B. Gambaran Konstelasi Wilayah

PROFIL KOTA BATU - D. Rona Kondisi Eksisting Yang Ada